Aturan Angka Penting

Dalam ilmu fisika dikenal aturan angka penting, angka penting adalah bilangan yang diperoleh dari suatu pengukuran yang terdiri dari angka-angka yang sudah pasti dan satu angka terakhir yang ditafsir atau diragukan.

Misalnya kita mengukur suatu benda dengan menggunakan mistar berskala mm (dimana mistar itu memiliki batas ketilitian hingga 0,5 mm), dan hasil pengukurannya adalah 114,5 mm (memiliki 4 angka penting), kemudian kita ukur lagi dengan menggunakan jangka sorong (dimana jangka sorong memiliki batas ketilitian hingga 0,1 mm), dan hasil pengukurannya adalah 114,30 (memiliki 5 angka penting), kemudian kita coba ukur lagi dengan menggunakan mikrometer sekrup (mikrometer sekrup memiliki ketelitian hingga 0,01 mm), dan hasil pengukurannya adalah 113,395 (memiliki 6 angka penting). Tentunya hal ini menunjukkan bahwa semakin banyak angka penting yang dihasilkan dari suatu pengukuran maka akan semakin teliti pula hasil pengukuran yang dihasilkan. Tentu saja mikrometer sekrup lebih teliti daripada mistar dan jangka sorong.

Seperti yang bisa kita lihat pada hasil pengukuran mistar, disitu dituliskan 114,5 mm daru hasil pengukuran. Ini menunjukkan bahwa angka 1, 1 dan 4 yang terletak di depan koma merupakan angka exact (pasti), sedangkan angka 5 dibelakang koma tersebut merupakan angka taksiran, karena tidak dapat dibaca skala tetapi hanya dapat ditaksir.

Angka penting memiliki beberapa aturan, yaitu :

  • Semua angka selain angka nol merupakan angka penting.
  • Angka nol yang terletak pada dua angka bukan nol merupakan angka penting. Contoh : 1,0009 (memiliki 5 angka penting).
  • Angka nol yang terletak dideretan terakhir/berada dibelakang angka bukan nol adalah angka penting. Contoh : 0,00510 (memiliki 3 angka penting : yang digaris bawahi).
  • Semua angka nol yang digunakan hanya sebagai penunjuk bentuk desimal bukan merupakan angka penting. Contoh : 0,0041 (memiliki 2 angka penting : semua angka nol didepannya bukan angka penting).
  • Semua angka sebelum orde pada notasi ilmiah merupakan angka penting. contoh 4,2 x 1ooo ( 10 pangkat 3), maka 4,2 merupakan angka penting. Jadi, pada kasus tersebut memiliki 2 angka penting.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: